Senin, September 10, 2007

BULAN KITAB SUCI NASIONAL
SEPTEMBER 2007

I. Pengantar
Meskipun Kitab Suci ditulis berabad-abad yang lampau, namun hingga kini masih tetap aktual dan dijadikan tumpuan utama dalam kehidupan.
Kitab suci adalah sarana kita dalam berkomunikasi dengan Tuhan, di dalamnya kita bisa jumpai jawaban-jawaban Tuhan terhadap segala pertanyaan kita.
Dengan menelaah dan meresapi isinya, akan semakin mendekatkan kita kepada-Nya.
Selama 2 jam nanti, kita akan berkomunikasi dengan Tuhan, melalui Kitab Suci, dan mendengarkan jawaban Tuhan terhadap permasalahan yang kita kemukakan. Hal ini bisa terjadi karena Tuhan akan bersama kita sejak awal pertemuan ini, dan akan terus bersama kita sampai kita pulang nanti.
Sebelum komunikasi itu, kita akan melihat bahwa kemajuan teknologi (modernisasi) justru akan mempermudah kita dalam komunikasi itu. Salah satunya dengan memanfaatkan Alkitab Elektronik.
Di bagian akhir, kita ikuti peneguhan dalam menghadapi kesusahan masing-masing.

II. Pembukaan
A. Lagu Pembukaan
Mari kita madahkan satu lagu pujian.
B. Doa Pembukaan
Atas nama Bapa, dan Putra, dan Roh Kudus, Amin.
Bapa yang mahabaik,
Kami panjatkan puji syukur kehadapan-Mu karena Engkau berkenan mengumpulkan kami di rumah keluarga …… untuk bersama-sama bertemu dan berkomunikasi dengan-Mu.
Kami percaya Engkau telah hadir di antara kami saat ini, dan melalui Kitab Suci, Engkau akan menjawab segala pertanyaan, permintaan, serta keragu-raguan kami.
Kami mohon kepada-Mu, bukalah hati dan pikiran kami agar kami dapat mempersiapkan diri kami masing-masing dengan sebaik-baiknya, dan dengan iman yang sungguh, serta mampu mendengarkan Engkau dengan seksama.
Kami juga memohon kepada-Mu agar pertemuan ini dapat mempererat tali persaudaraan di antara kami, dan lebih saling mengenal satu dengan yang lainnya, yaitu dengan berbagi empati terhadap berbagai persoalan yang tengah kami hadapi.
Dengan bimbingan-Mu, kami percaya bahwa kami akan menemukan jalan menuju terang sesuai dengan apa yang telah Engkau persiapkan bagi kami.
Terangilah kami dengan Cahaya Roh Kudus-Mu agar pengaruh kegelapan menjadi sirna dan menjauh dari ruangan ini, sehingga hanya kata-kata yang berasal dari-Mu saja yang akan terdengar di ruangan ini.
Doa ini kami panjatkan dengan perantaraan Putera-Mu Yesus Kristus, Tuhan dan pengantara kami, Amin.
Saudara-saudari,Sebelum kita mendengarkan Sabda Tuhan dan berkomunikasi dengan-Nya, marilah kita menyiapkan diri dengan memohon ampun kepada Tuhan atas segala dosa-dosa kita:

P: Kasihanilah kami ya Tuhan
U: Sebab kami orang berdosa
P: Tunjukkanlah belas kasihan-Mu kepada kami
U: Sebab kami orang berdosa
P: Anugerahkanlah keselamatan kepada kami
U: Sebab kami orang berdosa
P: Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita,
dan mengantar kita ke hidup yang kekal
U: Amin
Kemuliaan kepada Bapa, Putra, dan Roh Kudus…

III. Penjelasan Alkitab Elektronik (AE)
Marilah kita lihat betapa AE mampu menyuguhkan Kitab Suci jauh lebih baik dan lebih mudah.
Selain memiliki kemampuan pencarian kata dan ayat serta navigasi yang mudah, produk ini juga dilengkapi diantaranya dengan ayat referensi silang, daftar perumpamaan, nubuat dan penggenapannya, peta Alkitab, dan kamus Alkitab.
Memuat 13 teks Alkitab lengkap dan 14 teks Perjanjian Baru dalam bahasa-bahasa daerah di Indonesia, dilengkapi dengan empat versi terjemahan Alkitab dalam bahasa Indonesia, Alkitab Terjemahan Baru (TB), Alkitab Terjemahan Lama (TL), Kabar Baik dalam Bahasa Indonesia Sehari-hari (BIS), dan Perjanjian Baru TB edisi 2, serta terdapat tiga versi Alkitab dalam bahasa Inggris, masing-masing King James Version (KJV), Contemporary English Version (CEV) dan Today's English Version (TEV). Juga terdapat teks Deuterokanonika dalam bahasa Indonesia, Batak Toba dan Bahasa Indonesia Sehari-hari.
Alkitab Elektronik dirancang sedemikian rupa sehingga mudah digunakan dan merupakan alat pemahaman Alkitab yang ideal bagi Anda maupun sebagai hadiah kepada mereka yang senang menggali kebenaran serta harta rohani di dalam Alkitab.
IV. Renungan
Marilah kita hening sejenak untuk merenungkan pertanyaan, persoalan, atau permintaan yang akan kita ajukan kepada Tuhan.
Temukan satu atau beberapa kata kunci, yang akan kita gunakan dalam penelusuran Alkitab.
V. Sharing
Silahkan satu atau beberapa orang (sesuai dengan waktu yang tersedia) untuk menyampaikan hasil renungannya, agar memperoleh empati dari yang lainnya.
VI. Penelusuran Alkitab
Dengan menggunakan kata kunci, kita lakukan penelusuran pada Alkitab.Jawaban-jawaban dibagikan ke masing-masing orang untuk menelusuri lebih jauh, apakah jawaban itu merupakan jawaban yang ingin kita dengar.Jika iya, silahkan yang bersangkutan membacakan ayat-ayat yang ditemukan, boleh disertai dengan penjelasan tentang relevansinya dengan pokok bahasan.
VII. Peneguhan
· Topik: “Kesusahan itu datang setiap hari”
· Marilah bersama-sama kita panjatkan Syahadat Para Rasul:
Aku percaya akan Allah, Bapa yang mahakuasa, pencipta Langit dan BumiDan akan Yesus Kristus, Putra-Nya yang tunggal, Tuhan kita,yang dikandung dari Roh Kudus, dilahirkan oleh Perawan Maria,yang menderita sengsara, dalam pemerintahan Ponsius Pilatus,disalibkan, wafat, dan dimakamkan,yang turun ke tempat penantian, pada hari ketiga bangkit dari antara orang mati,yang naik ke surga, duduk di sebelah kanan Allah Bapa yang mahakuasa,dari situ Ia akan datang, mengadili orang yang hidup dan yang mati.Aku percaya akan Roh Kudus, Gereja Katolik yang kudus, persekutuan para kudus,pengampunan dosa, kebangkitan badan, kehidupan kekal.Amin.
VIII. Doa Spontan
Marilah kita berdoa.
Tuhan, kami bersyukur telah larut dalam hubungan komunikasi dengan-Mu dan dengan penuh suka-cita kami telah mendengarkan Sabda-Mu.
Kami mohon sudilah kiranya Engkau mendengarkan doa-doa kami berikut ini:
Tiga doa yang berkaitan dengan pokok bahasan disampaikan secara spontan, dan diakhiri dengan “Marilah kita mohon…”
IX. Penutup
P: Tuhan sertamu
U: dan sertamu juga
P: Semoga Tuhan meneguhkan Iman kita dalam mengamalkan Sabda Tuhan
U: Amin
P: Semoga Tuhan melimpahi harapan yang kokoh dan kegembiraan yang sejati kepada kita,
sehingga kita mampu memikul salib kita masing-masing
U: Amin
P: Semoga kita sekalian dilindungi, dibimbing, dan diberkati oleh Allah yang mahakuasa:
Bapa, Putra, dan Roh Kudus
U: Amin.

Lagu Penutup.


------------------------------------------------------------------------------------------------
Bali, di penghujung tahun 2006.
[Versi 2, September 2007]
Pasutri Erna - Sandy

Tidak ada komentar: